ukm2online - Memajukan UKM Indonesia

Empon-Empon, Warisan Leluhur Penjaga Daya Tahan Tubuh

  • SHARE :

Blog Image

Masyarakat Indonesia terkenal akan warisan budaya yang telah diturunkan secara turun temurun. Salah satu yang diwariskan oleh para leluhur adalah pemanfaatan tanaman sebagai obat-obatan herbal. Salah satu yang dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia adalah empon-empon. Sebenarnya apasih empon-empon itu?

Istilah empon-empon berasal dari Bahasa jawa yang merujuk kepada kelompok tanaman yang mempunyai akar rimpang atau akar tinggal. Empon-empon terdiri dari tanaman herbal yang telah dikenal kaya akan manfaat seperti temulawak,jahe,lengkuas,kencur dan kunyit.

Empon-empon akhir ini banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa empon-empon dapat memperkuat imunitas tubuh dan mencegah virus corona. Empon-empon memang sudah lama dipercaya sebagai ramuan jamu tradisional yang berfungsi untuk menambah daya tahan tubuh.

 

Berikut ini 10 manfaat empon-empon, seperti dilansir dari Healthline.

 

1. Mengandung senyawa bioaktif yang kuat, sehingga cocok sebagai bahan obat-obatan.

2. Merupakan senyawa anti-inflamasi atau anti-peradangan alami.

3. Meningkatkan kapasitas anti-oksidan dalam tubuh.

4. Meningkatkan faktor neurotrophic pada otak, yang terkait dengan fungsi otak yang lebih baik dan risiko penyakit yang  lebih rendah.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

6. Membantu mencegah (dan bahkan mengobati) kanker

7. Bermanfaat dalam mencegah dan mengobati penyakit alzheimer

8. Suplemen kurkumin (berbahan empon-empon), cocok bagi pasien Arthritis

9. Studi menunjukkan bahwa curcumin memiliki manfaat luar biasa terhadap depresi

10. Menunda penuaan dan memerangi penyakit kronis terkait usia

 

Seiring dengan terus berkembangnya zaman, penggunaan empon-empon tidak terbatas sebagai obat herbal saja. Namun terus berkembang dan dimanfaatkan sebagai bumbu masakan,perawatan tubuh, hingga kosmetik. Empon-empon juga dapat dijadikan sebagai bahan aroma terapi. Empon-empon yang akan dijadikan aromaterapi diambil esktrak dan minyaknya. Melalui proses distilasi penguapan dan juga pengepresan dingin, minyak atsiri atau biasa disebut juga minyak esensial berfungsi sebagai aromaterapi. Minyak tersebut juga bisa menjadi obat oles untuk menjaga kesehatan tubuh. 

 

 

 

UKM2ONLINE adalah sebuah situs yang memiliki tujuan untuk membantu unit usaha membangun sebuah website bisnis, dengan tujuan meningkatkan profit, meningkatkan kepercayaan konsumen mereka dan membantu para UKM untuk bersaing di era digital.

  • SHARE :
Buat Website Kamu di UKM2ONLINE

ARTIKEL TERKAIT

KOMENTAR

Mau buat web untuk bisnis kamu ?