ukm2online - Memajukan UKM Indonesia

Bikin donasi kamu sendiri di yukdonasi Bikin Undangan Pernikahan Kamu Gratis di Undangan.win
ENTERPRENEUR

Bisnis Bumbu Dapur, Peluang Usaha disaat Resign

  • SHARE :

Blog Image

Bisnis Bumbu Dapur menjadi peluang usaha ketika menganggur yang digeluti oleh Iyan Sofyan. Beliau memutuskan untuk resign dari pekerjaannya karena perusahaan tempatnya bekerja mulai collapse dan terancam bangkrut oleh karena itu sambil mencari pekerjaan dan menunggu panggilan kerja Iyan membantu bisnis keluarga yakni bisnis menjual bumbu kebutuhan dapur. Niat awal untuk menggeluti bisnis ini hanya untuk sementara, namun lambat laun Iyan merasa nyaman menekuni bisnis bumbu dapur ini karena waktunya yang lebih fleksibel dan penghasilan yang lebih besar dari sebelumnya. Menurut Iyan bisnis bumbu dapur memiliki margin keuntungan yang lebih besar daripada usaha lainnya. Bahkan ada istilah usaha di bidang bumbu dapur merupakan usaha gelap. Usaha Gelap yang dimaksud adalah dari segi modal barang dagangan yang di jual. Rata-rata konsumen tidak mengetahui modal usaha ini lain halnya dengan produk sembako/pabrikan yang bisa jadi hampir semua orang tahu modalnya dan HET (harga eceran tertinggi) dari produk tersebut. Maka tidak aneh dengan gelapnya modal tersebut keuntungan dari satu produk itu jika di hitung dengan satuan kilogram bisa mencapai 50% dari harga modalnya.

Aneka produk yang dijual oleh Iyan yakni semua bumbu kebutuhan dapur yang masih fresh seperti  umbi-umbian (jahe, kunyit, laos, kencur, temu lawak); rempah-rempah (kemiri, merica, ketumbar, bawang putih; dedaunan (daun jeruk purut, daun salam, sereh, pandan); buah (jeruk limau, jeruk lemon, jeruk nipis) serta produk bumbu masak instan pabrikan dalam bentuk kemasan. Untuk menjaga loyalitas konsumen Iyan menjamin bahwa bumbu dapur yang ia jual selalu fresh terbukti dengan adanya pergantian produk paling lama tiap 3 hari, selain itu ia berupaya menghadirkan barang dagangan dengan kualitas terbaik. Usaha bumbu dapur Iyan berlokasi di Pasar Modern Cibinong. Namun konsumen juga bisa membeli bumbu dapur tersebut di kediamannya dengan syarat pemesanan dilakukan pada pagi hari atau sore hari (barang akan diantarkan pada esok harinya).

Adanya pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha termasuk Iyan dalam memasarkan produknya. Kondisi pasar yang semakin sepi akibat himbauan pemerintah untuk physical distancing dan jam operasional yang di batasi membuat Iyan harus memutar otak hingga akhirnya beliau memilih cara pemasaran dengan tidak hanya mengandalkan pembeli yang datang ke pasar saja namun juga menjemput mereka dengan cara memasarkan produk secara online. Iyan memanfaatkan sosial media dan pertemanan dalam aplikasi pesan singkat miliknya dan juga istri. Cara ini cukup efektif tidak hanya untuk mereka yang malas ke pasar karena bau, kotor dan juga bawa belanjaan namun cara ini juga berlaku bagi mereka yang takut ke pasar karena kondisi covid yang masih ada.

Untuk lebih mengefektifkan pemasaran secara online ini Iyan tidak hanya menunggu pembeli datang dan memesan, apalagi mengingat akun sosial media yang masih baru. Oleh karena itu tidak jarang beliau juga menawarkan langsung dengan cara mengirim direct messenge ke akun sosial media calon konsumen dan lewat aplikasi pesan singkat yang terdapat di akun mereka atau melalui fitur restoran online di aplikasi ojek online. Dalam sistem jemput bola ini Iyan lebih menyasar para pelaku usaha yang bergerak di bidang restoran, rumah makan, hotel, rumah sakit, catering, kantin sekolah, dan para pelaku usaha warungan di pedesaan. Alasan beliau lebih memilih para pelaku usaha tersebut daripada perorangan lebih kepada jumlah belanjaan yang lebih banyak di pesan dari pada perorangan. Beberapa restoran yang sudah bekerjasama dengan Iyan diantaranya : Ayam Geprek Master Cibinong, Kantin Hira MI Al Mughni Cibinong, Mr. Yos Cibinong, dan RM Galuga Stadion Pakansari Cibinong. Nah untuk kamu yang tertarik untuk memesan produk bumbu dapur Iyan bisa secara offline dengan datang langsung ke kios yang berlokasi di Blok SB No. 357 Pasar Modern Cibinong Bogor atau Office di Jalan Kel. Pabuaran RT 04 RW 05 No. 16 Cibinong Bogor. Dan secara online dengan menghubungi ke nomor 087711156266 (telpon, WA, Line) dan DM instagram @pedagangbumbudapuronline

UKM2ONLINE adalah sebuah situs yang memiliki tujuan untuk membantu unit usaha membangun sebuah website bisnis, dengan tujuan meningkatkan profit, meningkatkan kepercayaan konsumen mereka dan membantu para UKM untuk bersaing di era digital.

  • SHARE :
Buat Website Kamu di UKM2ONLINE

ARTIKEL TERKAIT

KOMENTAR

Mau buat web untuk bisnis kamu ?